/5 Langkah Mudah Menanam Bunga Kol Sistem Hidroponik DFT

5 Langkah Mudah Menanam Bunga Kol Sistem Hidroponik DFT

By |2018-08-13T15:47:58+00:00August 10th, 2018|Artikel Hidroponik|0 Comments

Apakah anda seorang pemula hidroponik?

Kalau anda pemula hidroponik anda diwajibkan untuk membaca artikel ini. Biasanya pemula hidroponik sering kali menanam sayuran hidroponik seperti kangkung, bayam, pakcoy, sawi caisim, selada atau sejenis sayuran daun lainya.

Kali ini kami akan membagikan tips menanam sayuran hidroponik yang pasti berbeda dengan yang lain. Ya, kami akan menjelaskan teknik menanam bunga kol secara hidroponik dengan menggunakan sistem DFT (Deep Flow Technique).

Bunga kol atau (Brassica oleracea) merupakan sayuran bunga yang memiliki bentuk hampir sama dengan brokoli, hanya warnanya saja yang membedakan. Bunga kol memiliki warna putih yang biasanya diolah menjadi sayur dalam penyajian makanan.

(Foto bunga kol menggunkan hidroponik sistem DFT (Deep Flow Technique))

Hidroponik adalah sistem budidaya tanaman yang tidak menggunakan tanah sebagai media tanam. Dalam hidroponik terdapat sistem yang sering digunakan yaitu Deep Flow Technique atau DFT yaitu sistem tanam yang menggunakan sirkulasi pada instalasi dengan membentuk genangan nutrisi.

Biasanya sistem DFT digunakan untuk tanam sayuran daun, kali ini kami akan menjelaskan bahwa sistem DFT juga dapat digunakan untuk sayuran bunga. Silahkan simak penjelasan tentang 5 langkah menanam bunga kol menggunakan sistem DFT.

1. Persemaian dan Pemilihan Media Tanam

Untuk memulai persemaian, silahkan pilih benih yang memiliki kualitas daya berkecambah dan daya tumbuh yang baik. Pilih media tanam rockwool karena mampu menyimpan dan menyerap air dengan baik sehingga cocok digunakan untuk persemaian. Lubangi media tanam dan isi satu lubang tanam dengan satu benih bunga kol. Setelah itu beri air hingga kebutuhan air dan kelembaban semaian terjaga.

2. Pindah tanam

Pindah tanam dilakukan ketika daun sejati sudah keluar sekitar 15- 20 hari setelah semai. Media tanam rockwool tidak perlu diganti, cukup ditambahkan media tanam pecahan genteng sebagai penguat ketika tanaman semakin besar. Jarak tanam per tanaman adalah 25 sampai 30 cm. Pindah tanam sebaiknya dilakukan pagi atau sore hari saat kondisi teduh dan sejuk.

(Foto contoh pemasangan tali ajir pada bunga kol)

Tanaman bunga kol yang sudah mulai tumbuh dan berkembang, dapat dipasang tali ajir agar tanaman tidak roboh. Tali ajir dipasang pada bagian pipa DFT dan diikat pada bagian atas.

3. Pemberian nutrisi

Nutrisi yang diaplikasikan untuk bunga kol merupakan  nutrisi abmix khusus bunga. Nutrisi yang digunakan untuk pertama kali pindah tanam bisa menggunakan 700 sampai 800 ppm. Selanjutnya, tingkat ppm nutrisi bisa dinaikkan tergantung kondisi tanaman yang kira-kira 1700 hingga 2100 ppm.

(Foto pemberian nutrisi AB Mix khusus Bunga)

4. Perawatan dan Pemeliharaan

Perawatan dan pemeliharaan bunga kol dapat dilakukan dengan monitoring setiap hari. Bagian yang termasuk dalam monitoring adalah cek nutrisi, pH, hama, penyakit, suhu dan cek peralatan untuk sistem hidroponik.

(Foto pengecekan nutrisi)

Hama dan penyakit yang menyerang bunga kol dapat dilakukan pengendalian secara mekanik. Pengendalian menggunakan pestisida anorganik merupakan alternatif paling akhir jika hama dan penyakit sudah terjadi peledakan. Hama yang sering menyerang adalah ulat dan jamur yang menyebabkan bercak hitam.

5. Panen

(Foto bunga kol siap panen)

Umur panen bunga kol sekitar 2,5 sampai 3 bulan setelah pindah tanam. Bunga kol yang siap panen memiliki ciri-ciri bunga sudah mekar dengan sempurna serta ukuran yang maksimal dengan bentuk bunga mampat. Panen bunga kol sebaiknya di lakukan pada saat pagi hari atau sore hari.

Demikianlah langkah menanam bunga kol dengan menggunakan sistem hidroponik DFT. Jika anda membutuhkan benih dengan kualitas yang baik, nutrisi dan peralatan untuk berkebun silahkan bisa langsung SMS /WA 085838335000 atau bisa langsung klik link dibawah ini:

http://hidroponikpedia.com/product-category/peralatan-hidroponik/

http://hidroponikpedia.com/product-category/nutrisi-hidroponik/

http://hidroponikpedia.com/product-category/nutrisi-hidroponik/

About the Author:

Bayu WN
Hallo, saya Bayu Widhi Nugroho, saya adalah Praktisi Hidroponik untuk Skala Rumahan. Harapan saya dengan adanya website ini, orang bisa belajar hidroponik dan langsung praktek sendiri di rumah serta bisa menularkan ilmunya kepada teman, keluarga dan masyarakat sekitarnya.

Leave A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.