/5 Macam Media Tanam Hidroponik yang Sering Dipakai

5 Macam Media Tanam Hidroponik yang Sering Dipakai

By | 2017-05-13T06:07:37+00:00 October 6th, 2016|Artikel Hidroponik|0 Comments

5-macam-media-tanam-hidroponik

Media merupakan hal terpenting dalam bercocok tanam, Media Tanam Hidroponik mempunyai fungsi sebagai tempat pertumbuhan akar dan untuk membantu penyerapan terhadap nutrisi oleh tanaman. Media yang dapat digunakan pada bercocok tanam secara hidroponik bermacam-macam, diantaranya:

1. Cocopeat

5-macam-media-tanam-hidroponik-yang-sering-dipakai-06

Cocopeat merupakan media tanam berupa serbuk yang terbuat dari sabut kelapa. Media ini memiliki sifat organik sehingga ramah lingkungan. Selain itu cocopeat juga mempunyai daya serap yang tinggi. Penggunaan cocopeat ini dapat dicampurkan dengan arang sekam. Pencampuran ini bertujuan untuk meningkatkan aerasi media.

2. Arang Sekam

5-macam-media-tanam-hidroponik-yang-sering-dipakai-05

Media arang sekam memiliki karakteristik tidak mudah lapuk dan mampu mnyimpan air dengan baik. Media ini termasuk media organik dan ramah lingkungan. Media ini juga mempengaruhi pH dan struktur larutan hara dan tidak mudah ditumbuhi lumut atau jamur. Media ini merupakan bahan ringan yang memungkinkan sirkulasi udara dan kapasitas menahan air tinggi. Dalam teknik hidroponik media ini sering dikombinasikan dengan cocopeat agar pertumbuhan akar lebih maksimal. Adapun komposisi yang digunakan :

Dataran rendah = 1 : 1 / 1 : 2 (lebih banyak cocopeat)

Dataran tinggi    = 2 : 1 (lebih banyak arang sekam)

3. Kerikil atau Pasir

5-macam-media-tanam-hidroponik-yang-sering-dipakai-04

Media pasir atau kerikil yang dapat digunakan pada hidroponik adalah pasir pantai dan juga pasir pegunungan. Media ini dapat mempunyai aerasi yang tinggi sehinga harus dilakukan penyiram secara teratur agar kelembab akar terjaga. Penggunaan media pasir dan kerikil ini dapat meningkatkan nilai estetika rumah karemna dapat diaplikasikan pasir atau kerikil yang warna-warni dengan pot transparan. Media ini biasanya digunakan untuk tanaman yang tidak terlalu memerlukan banyak air.

4. Rockwool

5-macam-media-tanam-hidroponik-yang-sering-dipakai-02

Media rockwool merupakan media anorganik yang terbuat dari kombinasi batuan basalt, batu kapur dan batu bara yang dipanaskan mencapai suhu 1.600 derajat Celcius sehingga menjadi seperti lava kemudian disentrifugal membentuk serat-serat. Media rocwool merupakan media yang ramah lingkungan. Selain itu media ini mempunyai kelebihan dari media hidroponik lain, terutama dalam kemampuan penyerapan air dan udara sehingga banyak petani hidroponik yang lebih memilih menggunakan media rockwool untuk berbagai kebutuhan mulai dari tahap persemaian sampai pada fase produksi.

5. Hidroton

5-macam-media-tanam-hidroponik-yang-sering-dipakai-03

Hidroton adalah salah satu jenis media tanam hidroponik berupa bulatan-bulatan lempung yang dibakar, berukuran seperti kelereng. Hidroton sangat baik sebagai media tanam karena dapat menyimpan kandungan air dengan baik, bersih, pH netral dan stabil, serta memiliki aerasi yang cukup baik.

Demikian 5 Macam Media Tanam Hidroponik yang Sering Dipakai, apabila ada tambahan atau kritik maupun saran, silakan kirim ke:
LINE@: @hidroponikpedia (pakai @)
INSTAGRAM: @hidroponikpedia
Facebook: https://www.facebook.com/hidroponikpedia

Silakan Share artikel ini di media sosial anda 🙂

Save

About the Author:

Bayu WN
Hallo, saya Bayu Widhi Nugroho, saya adalah Praktisi Hidroponik untuk Skala Rumahan. Harapan saya dengan adanya website ini, orang bisa belajar hidroponik dan langsung praktek sendiri di rumah serta bisa menularkan ilmunya kepada teman, keluarga dan masyarakat sekitarnya.

Leave A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.