/5 Alat Pokok yang Perlu Disiapkan untuk Hidroponik Pemula

5 Alat Pokok yang Perlu Disiapkan untuk Hidroponik Pemula

By |2018-01-27T15:09:26+00:00October 11th, 2016|Artikel Hidroponik|5 Comments

Anda baru tahu tentang Hidroponik?

Ingin langsung mencoba bertanam dengan cara Hidroponik?

Kali ini kita akan membahas alat dan bahan apa saja yang diperlukan untuk memulai bertanam secara Hidroponik. Kita akan menggunakan contoh sistem hidroponik yang paling sederhana yaitu sistem wick yang sudah pernah dibahas pada artikel sebelumnya. Bagi yang belum baca, bisa baca dulu di SINI.

Sebelum lanjut membaca, silakan simak video di bawah ini:

Alat dan bahan yang perlu disiapkan antara lain:

1. Net Pot

net-pot-hidroponik

Net Pot dalam bercocok tanam sangatlah penting karena merupakan tempat tumbuhnya tanaman dari mulai pindah tanam hingga nanti panen. Berbeda dengan pot biasanya, net pot mempunya lubang yang banyak pada bagian bawah sehingga bisa dilewati akar. Rata-rata ukuran netpot berdiameter 5 cm dengan ketinggian kurang lebih 5 cm, walaupun di pasaran banyak sekali dijumpai netpot dengan ukuran 7 cm, 10 cm dan sebagainya.

2. Media Tanam

rockwool-hidroponik

Pengertian dan macam-macam media tanam sudah pernah dibahas pada artikel sebelumnya, bisa baca di LINK. Kali ini kita akan memakai contoh Rockwool sebagai media tanam karena bagi pemula akan lebih mudah menyemai benih sayurannya.

3. Benih Sayuran

benih-sayuran-hidroponik

Banyak sekali pilihan benih sayuran, namun untuk pemula disarankan mencoba sayuran daun antara lain: Sawi, Selada, Kangkung, Bayam, Pakchoy. Selain mudah tumbuh, jenis sayuran ini mempunyai masa tanam yang cukup singkat dibandingkan sayuran buah seperti tomat dan cabe yang membutuhkan lebih dari 2 bulan. Benih yang dipakai adalah benih seperti pada sistem tanam konvensional dan yang lainnya.

4. Sistem Hidroponik

sistem-hidroponik

Jenis-jenis sistem hidroponik sangat beragam dan masing-masing sistem banyak variasinya, untuk jenis sistem yang lebih rumit akan dibahas pada artikel selanjutnya. Sistem Hidroponik tersebut antara lain: WICK, NFT, DFT, Rakit Apung, Dutch Bucket, Aeroponik, dsb. Untuk pemula, disarankan memakai sistem yang paling sederhana dulu yaitu memakai sistem WICK.

5. Nutrisi Hidroponik

nutrisi-hidroponik-ab-mix

Nutrisi hidroponik merupakan kunci utama dari hidroponik karena tanaman bisa tumbuh normal apabila sudah diberi nutrisi hidroponik. Di pasaran tersedia bermacam-macam merk dan jenis nutrisi, ada nutrisi untuk sayuran daun, sayuran buah maupun untuk tanaman bunga. Yang kita pakai kali ini adalah nutrisi daun karena yang kita tanam adalah sayuran jenis daun.

Demikian 5 Alat Pokok yang Perlu Disiapkan untuk Hidroponik Pemula, apabila ada tambahan atau kritik maupun saran, silakan kirim ke:
LINE@: @hidroponikpedia (pakai @)
INSTAGRAM: @hidroponikpedia
Facebook: https://www.facebook.com/hidroponikpedia

Silakan SHARE artikel ini supaya bermanfaat bagi yang membutuhkan informasi tentang Hidroponik.

Save

About the Author:

Bayu WN
Hallo, saya Bayu Widhi Nugroho, saya adalah Praktisi Hidroponik untuk Skala Rumahan. Harapan saya dengan adanya website ini, orang bisa belajar hidroponik dan langsung praktek sendiri di rumah serta bisa menularkan ilmunya kepada teman, keluarga dan masyarakat sekitarnya.

5 Comments

  1. Sopir kalis October 23, 2016 at 7:56 am - Reply

    Sebagai pemula saya merasa artkel ini bermanfaat

    • admin
      admin October 24, 2016 at 6:29 am - Reply

      Terima kasih pak, silakan ditunggu artikel-artikel selanjutnya

  2. Lutfi Rasyid November 5, 2016 at 7:45 am - Reply

    Makasih bgt gan ilmunya..

  3. ida January 1, 2018 at 5:37 pm - Reply

    Bs gak media tanam nya bkn rockwool, misal nya d ganti dg tanah/abu sekam? ada kah alternatif lain selain menggunakan rockwool??? Terimakasih

    • Bayu WN
      Bayu WN January 3, 2018 at 9:59 am - Reply

      bisa, diganti apa saja yang penting bisa menopang benihnya. bisa menggunakan busa, kain flanel dll

Leave A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.