Mengenal Etiolasi Pada Tanaman Hidroponik

3
1946

Apa itu Etiolasi?

Etiolasi adalah gejala pada tanaman dikarenakan kekurangan sinar matahari yang menyebabkan pertumbuhan tanaman tidak seimbang. Etiolasi sering disebut juga dengan istilah KUTILANG (Kurus, Tinggi dan Langsing)

Kesalahan ini adalah kesalahan yang paling banyak terjadi ketika memulai berhidroponik. Banyak yang menganggap bahwa ketika menyemai tanaman terutama sayuran daun tidak membutuhkan sinar matahari full.

Sehingga ketika benih yang disemai sudah sprout (pecah benih) tidak dikenakan sinar matahari, tanaman akan tumbuh memanjang secara tidak normal karena kekurangan sinar matahari.

Menurut WIKIPEDIA, Etiolasi dikendalikan oleh hormon pertumbuhan auksin yang diproduksi di ujung titik pertumbuhan. Dengan keberadaan auksin, tumbuhan akan terus memanjang sampai titik ujung tumbuhan  mendapatkan cahaya yang cukup untuk menghambat produksi auksin.

Berikut ini adalah contoh semai selada yang etiolasi atau kutilang:

Contoh semai Selada normal:

Ciri-ciri tanaman yang terkena gejala etiolasi adalah:

  1. Batang memanjang dan biasanya berwarna putih/kuning.
  2. Batangnya lemah
  3. Daun akan sulit terbentuk, kalaupun ada akan berwarna pucat

Pentingnya Proses Penyemaian

Keberhasilan menanam hidroponik (terutama sayuran daun) sangat ditentukan pada proses penyemaian, karena apabila dalam proses ini sudah terkena gejala Kutilang, maka untuk pertumbuhan selanjutnya akan kurang baik. Hal ini disebabkan karena batang tanaman yang kurang kuat sehingga tidak kuat dan akan mudah roboh.

Etiolasi juga bisa terjadi ketika tanaman sudah pada masa pembesaran, hal ini juga disebabkan oleh kurangnya sinar matahari. Gejalanya adalah batang meninggi, jarak antar daun terlihat lebih renggang dari tanaman normal.

Berikut ini adalah contoh tanaman yang etiolasi pada tahap pembesaran:

selada etiolasi atau kutilang

Contoh Selada yang normal:

Cara Mengatasi Gejala Etiolasi

  1. Pada proses penyemaian, begitu benih sudah pecah/sprout segera diletakkan di tempat yang full sinar matahari. Apabila menyemai tanaman sayuran, sebaiknya langsung dikenakan sinar matahari saja tidak perlu disimpan ditempat gelap karena benih sayuran daun lebih cepat sprout.
  2. Apabila cuaca tidak mendukung (mendung) atau tidak ada tempat yang terkena sinar matahari full, maka bisa dibantu dengan lampu Grow Light.

 

Demikian artikel tentang Gejala Etiolasi Pada Tanaman Hidroponik, apabila ada tambahan atau kritik maupun saran, silakan kirim ke:
WA: 085 838 335 000
LINE@: @hidroponikpedia (pakai @)
INSTAGRAM: @hidroponikpedia
Facebook: https://www.facebook.com/hidroponikpedia

3 COMMENTS

  1. Perkenalkan saya anand, sedang mencoba sistem hidroponik.
    Saat ini kendala pada semai yang sering menghasilkan tanaman kutilang/etiolasi, karena cuaca sehingga kekurangan sinar matahari.

    Pertanyaan saya :
    1. Berapa lama waktu terkena matahari untuk semai-an yang sudah sproud?
    2. Jika digantikan dengan GROWING LIGHT, apakah waktu tersinari sama dengan waktu terkena sinar matahari?
    3. Untuk tanaman yang sudah dipindah ke instalasi, supaya terhindar dari etiolasi, apakah perlu dibantu GROW LIGHT? berapa lama waktu tersinari?
    4. Spesifikasi GROW LIGHT untuk semai dengan untuk pembesaran, apakah sama?

    Demikian, terima kasih atas perhatiannya. :D…..

    • 1. Kalau bisa full sinar matahari (sampai panen)
      2. Jika menggunakan lampu, bisa terus menerus atau ketika sinar matahari dirasa tidak cukup maka digantikan dengan lampu
      3. Pada intinya, tanaman secara alami membutuhkan sinar matahari di waktu siang, jadi lampu disini sebagai penggantinya maka harus sama dengan matahari
      4. Beda, karena untuk semaian mungkin jangkauannya tidak perlu luas, tapi kalau sudah pembesaran, tanaman semakin besar maka grow light nya harus besar pula

      Semoga membantu

  2. Dear Pak Bayu..
    Terima kasih atas jawabanya.
    Sangat membantu sekali…. 🙂
    Mohon maaf baru reply karena kesibukan.
    Instalasi hidroponik saya, kurang tersinari matahari, sehingga pertumbuhan tanaman tidak optimal.
    Penggunaan GROW LIGHT pada semain, cukup membantu proses hingga mencapai 4daun. Meskipun masih etiolase, tapi tidak separah tanpa Grow light.

Comments are closed.