/Inilah Cara Mudah Menanam Selada Menggunakan Sistem Hidroponik NFT

Inilah Cara Mudah Menanam Selada Menggunakan Sistem Hidroponik NFT

By |2018-10-11T08:57:17+00:00October 10th, 2018|Artikel Hidroponik|0 Comments

Inilah cara mudah menanam selada menggunakan sistem hidroponik NFT beserta dengan video tutorialnya.

NFT atau Nutrient Film Technique adalah sistem dalam hidroponik yang menggunakan sirkulasi nutrisi 24 jam dengan aliran tipis seperti film. Sistem NFT menggunakan gully sebagai instalasi dengan kemiringan 1 sampai 5 derajat. Kemiringan ini berfungsi untuk mempermudah dalam mengalirkan nutrisi. Sistem NFT menggunakan listrik untuk mengalirkan nutrisi.

Keuntungan dari sistem NFT ini adalah umur panen lebih cepat, kebutuhan nutrisi selalu tercukupi, kebutuhan oksigen tercukupi, kecil terjadinya resiko akar busuk, pertumbuhan tanaman lebih seragam, mudah dalam monitoring tanaman dan cek tanaman dan mudah perawatan.

Terdapat banyak sekali tanaman yang dapat ditanam menggunakan sistem NFT terutama tanaman sayuran daun yang memiliki umur pendek. Selada adalah tanaman yang sering dipilih untuk sistem NFT. Terdapat beberapa langkah mudah yang dapat dilakukan untuk menaman selada menggunakan sistem NFT, antara lain:

1. Siapkan benih selada Green coral dan semai menggunakan rockwool satu benih per lubang tanam. Kemudian benih yang telah disemai diletakkan di tempat yang cukup cahaya dijaga kelembabannya.

2. Setelah benih tumbuh menjadi bibit sekitar umur 7 sampai 12 hari setelah semai atau sudah keluar daun sejatinya bisa dipindah tanam ke gully peremajaan dengan jarak tanam sekitar 10 cm. Bibit dimasukkan dalam netpot yang telah diletakkan di gully dan pastikan rockwool menyentuh dasar netpot agar teraliri nutrisi.

3. Nutrisi diberikan sejak awal pindah tanam, karena menggunakan satu bak nutrisi dalam satu instalasi untuk peremajaan dan pembesaran maka diberikan 1200 ppm untuk semua umur tanaman.

4. Setelah tanaman sudah lebih dewasa atau kanopi daun sudah mulai terbuka sempurna dan sudah mulai saling menaungi dapat dipindahkan ke gully pembesaran atau yang menggunakan jarak tanam lebih lebar sekitar 20 cm perlubang tanam.

5. Panen selada hidroponik berumur sekitar 30 sampai 40 haris setelah tanam. Cara panen dapat dilepas penopang netpot atau tutup gully supaya akar tanam tidak mengotori dan tertinggal didalam gully sehingga tidak terjadi penyumbatan pada gully.

Demikianlah penjelasan tentang hidroponik sistem NFT, semoga bermanfaat. Jika anda memerlukan peralatan untuk hidroponik seperti benih, nutrisi dan peralatan lainnya silahkan SMS/WA ke 085838335000 dan untuk konsultasi dan sharing hidroponik silahkan SMS/WA ke 08127487448.

About the Author:

Bayu WN
Hallo, saya Bayu Widhi Nugroho, saya adalah Praktisi Hidroponik untuk Skala Rumahan. Harapan saya dengan adanya website ini, orang bisa belajar hidroponik dan langsung praktek sendiri di rumah serta bisa menularkan ilmunya kepada teman, keluarga dan masyarakat sekitarnya.

Leave A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.