/Nutrisi AB Mix Hidroponik

Nutrisi AB Mix Hidroponik

By |2018-10-11T16:07:44+00:00October 11th, 2018|Artikel Hidroponik|0 Comments

Apakah itu air biasa atau ada nutrisinya ?

Apakah air nutrisi perlu ditambahkan ? kapan air nutrisi ditambahkan?

Apakah air nutrisi perlu diganti ? kapan air nutrisi perlu diganti?

Ya ini adalah pertanyaan yang sering muncul dalam hidroponik. Banyak sekali pertanyaan seperti ini yang diajukan oleh petani hidroponik khususnya untuk pemula hidroponik. Wajar saja pertanyaan ini sering muncul karena nutrisi merupakan bagian penting dalam berhidroponik. Tenang teman-teman hidroponik kali ini kami akan membantu menjelaskan tentang nutrisi dalam hidroponik.

Sebelumnya kita bahas dahulu tentang nutrisi hidroponik, nutrisi hidroponik adalah pupuk yang digunakan dalam sistem hidroponik yang terdiri dari stok A dan stok B atau yang sering kita sebut dengan Nutrisi AB Mix. Nutrisi AB Mix adalah komponen penting dalam berhidroponik karena mengandung unsur hara yang digunakan untuk menyupai kebutuhan tanaman.

Pertama Apakah itu air biasa atau ada nutrisinya yang digunakan untuk tanaman hidroponik?

Jadi untuk tanaman hidroponik yang digunakan adalah air yang ditambahkan dengan nutrisi. Nutrisi AB Mix atau pupuk adalah bagian terpenting dalam proses pertumbuhan. Penggunaan nutrisi berfungsi untuk meningkatkan produktifitas tanaman sehingga dapat memperoleh hasil yang optimal. Jadi status nutrisi dalam hidroponik adalah wajib adanya.

Dalam pupuk mengandung unsur hara yang dibutuhkan oleh tanaman untuk proses fotosintesis, sehingga menjadikan hal yang pokok dalam pertumbuhan hidroponik. Air merupakan pelarut nutrisi pekatan sekaligus kebutuhan untuk proses fotosintesis tanaman.

Kedua Apakah air nutrisi perlu ditambahkan ? kapan air nutrisi ditambahkan

Jadi air nutrisi harus ditambahkan ketika nutrisi yang telah diberikan untuk tanaman sudah terserap oleh akar tanaman. Misalkan saat tanaman kangkung pindah tanam diberikan nutrisi 500 ppm, setelah itu berumur 7 hst daun menjadi kuning berarti kita harus menambah tingkat kepekatan nutrisinya menjadi 600 ppm sampai 700 ppm.

Menambah nutrisi juga dapat dilakukan saat terjadinya perubahan warna atau kepekatan dalam nutrisi. Selain itu, kita harus rajin melakukan cek nutrisi menggunakan TDS Meter sehingga kita tau perubahan ppm dalam nutrisi sehingga kita bisa menambahkan  kebutuhan nutrisi.

Ketiga Apakah air nutrisi perlu diganti ? kapan air nutrisi perlu diganti?

Jadi air nutrisi untuk tanaman dapat diganti dan dapat juga hanya ditambahkan saja. Nutrisi dapat diganti saat dalam kondisi jenh dan kotor. Kondisi kotor adalah ketika nutrisi dalam bak nutrisi atau tandon sudah mengandung banyak lumut atau bahkan alga yang dapat mengganggu proses pertumbuhan dan sirkulasi nutrisi.

Nutrisi dalam kondisi jenuh harus dilakukan pergantian seperti terlalu sering terjadi pengendapan dan kondisi kepekatan ppm nutrisi yang tidak stabil. Nutrisi dapat diganti saat kondisi air nutrisi dalam tandon atau nutrisi dalam keadaan panas atau suhu yang terlalu tinggi. Suhu air nutrisi yang terlalu tinggi menyebabkan terganggunya sistem pertumbuhan tanaman.

Demikianlah penjelasan tentang hidroponik sistem NFT, semoga bermanfaat. Jika anda memerlukan peralatan untuk hidroponik seperti benih, nutrisi dan peralatan lainnya silahkan SMS/WA ke 085838335000 dan untuk konsultasi dan sharing hidroponik silahkan SMS/WA ke 08127487448.

About the Author:

Bayu WN
Hallo, saya Bayu Widhi Nugroho, saya adalah Praktisi Hidroponik untuk Skala Rumahan. Harapan saya dengan adanya website ini, orang bisa belajar hidroponik dan langsung praktek sendiri di rumah serta bisa menularkan ilmunya kepada teman, keluarga dan masyarakat sekitarnya.

Leave A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.