5 Alasan Tanaman Kangkung Harus Selalu Ada di Kebun Anda

0
983

Tentang Tanaman Kangkung

Kangkung (Ipomoea aquatica Forsk.) adalah tumbuhan yang termasuk jenis sayur-sayuran dan ditanam sebagai makanan. Kangkung banyak dijual di pasar-pasar. Kangkung banyak terdapat di kawasan Asia dan merupakan tumbuhan yang dapat dijumpai hampir di mana-mana terutama di kawasan berair. (WIKIPEDIA)

1. Menanam Kangkung Sangat Mudah

Tidak perlu keahlian khusus untuk menanam jenis sayuran yang satu ini, tingkat kegagalannya sangat kecil. Untuk permasalahan hama juga tidak begitu banyak, tidak sesulit menanam Sawi dan sejenisnya.

Tingkat germinasi/kemampuan untuk tumbuh juga hampir 98% dan yang paling menyenangkan adalah kangkung tidak terlalu membutuhkan perlakuan atau perawatan yang rumit.

2. Masa Panen Pendek

Hal yang paling ditunggu-tunggu ketika kita menanam sayuran adalah Masa Panen. Kangkung memilika masa panen yang pendek yaitu sekitar 20 – 25 HSS, jika anda bisa mengatur jadwal tanam, anda bisa melakukan panen kangkung setiap hari.

Dan yang paling menyenangkan dari kangkung, bisa dipanen 2-3 kali dengan cara dipotong maka akan tumbuh lagi dan bisa dipanen lagi.

3. Dapat Dimasak Menjadi Berbagai Macam Masakan

Banyak sekali masakan dari kangkung, baik itu ditumis, plecing, bobor maupun dilalap. Selain itu kangkung juga bisa dicampur dengan berbagai tambahan seperti udang, tempe dll.

4. Banyak Manfaat dari Sayuran Kangkung

Kangkung memiliki kandungan gizi yang sangat banyak terutama yang terletak pada batang muda dan pucuknya. Di dalamnya terdapat Vitamin A, B1, C, K Protein, kalori, lemak, karbohidrat, mineral dan zat lain yang sangat penting bagi tubuh.

Ada mitos yang beredar di masyarakat umum jika kita memakan kangkung maka kita akan menjadi mudah ngantuk, namun mitos itu sampai sekarang belum bisa dibuktikan secara ilmiah.

Yang ada justru kangkung mempunyai banyak manfaat untuk tubuh kita apabila kita mengkonsumsinya. Antara lain adalah:

  • Mencegah Anemia
  • Meningkatkan Kualitas Otak
  • Menjaga Kesehatan Jantung
  • Mengurangi Kolesterol
  • Menjaga Sistem imun
  • dll

5. Warna Hijau Kangkung Membuat Anda Bersemangat untuk Berkebun

Ada saat ketika anda berkebun melihat tanaman yang pertumbuhannya kurang bagus, anda menjadi kurang bersemangat untuk berkebun.

Atau ketika anda menyemai benih sayuran yang lama tumbuhnya, membuat anda tidak sabar dan patah semangat.

Dengan adanya sayuran kangkung yang ada di kebun anda, bisa mengobati atau menambah semangat anda untuk berkebun.

Jika anda mau menanam kangkung hidroponik, silakan kunjungi artikel saya tentang kangkung hidroponik disini: [Step by Step] Cara Menanam Kangkung Hidroponik

Jadi….kapan anda mau memulai semai kangkung?

Silakan Share artikel ini untuk teman dan keluarga dekat anda…!

Save

Save

Save

Save

Save

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.